Wednesday, February 27, 2019

7 Jenis Tukang Bangunan yang Perlu Anda Tahu

Posted by Muhammad Mirajudin on February 27, 2019 with No comments

Tukang bangunan memiliki tugas penting yaitu membangun sebuah bangunan yang kokoh dan aman. Ketika kita ingin membangun sebuah rumah atau bangunan lainnya, tentu kita akan sangat membutuhkan jasa tukang. Pada saat ini mencari jasa tukang pun juga bukanlah hal yang sulit untuk dilakukan bahkan ada jasa tukang yang bisa dihubungi secara online.

Rumah menjadi sebuah tempat untuk bernaung. Tak hanya nyaman, sebuah rumah juga harus kokoh sehingga aman untuk ditinggali. Rumah yang kokoh dihasilkan dari sebuah proses pembangunan yang cermat dan teliti. Selain itu material yang digunakan juga harus berkualitas tinggi dan bisa menghasilkan rumah yang kuat dan bisa memberi rasa nyaman bagi penghuninya.

Bagi Anda yang ingin memiliki rumah yang nyaman dan kokoh, maka Anda membutuhkan jasa tukang yang profesional. Ada banyak jasa tukang yang bisa Anda temukan namun belum tentu semuanya bisa memberikan pelayanan yang terbaik. Anda harus sangat berhati-hati memilih jasa tukang agar hasil pembangunan sesuai dengan apa yang diharapkan.

Jenis Tukang Bangunan

Profesi tukang merupakan salah satu jenis profesi yang memiliki tanggung jawab dan tugas besar. Pekerjaan ini bukan pekerjaan yang main-main dan harus dilakukan dengan teliti. Ternyata, perlu diketahui bahwa ada beberapa jenis tukang yang bekerja sama membangun sebuah rumah atau bangunan lain.

Bagi Anda yang saat ini sedang membutuhkan jasa tukang, mari berkenalan terlebih dahulu dengan jenis-jenis tukang berdasarkan tugasnya masing-masing. Berikut adalah 7 jenis tukang bangunan yang perlu Anda tahu :

1. Mandor
Mandor merupakan tukang yang bertugas mengendalikan jalannya proses pembangunan. Mandor bertugas memberikan perintah dan memastikan proses pembangunan berjalan secara efektif. Namun, perlu diketahui bahwa mandor tidak terjun langsung melakukan pekerjaan pembangunan dan hanya mengawasi sekaligus mengarahkan.

2. Tukang Gali
Tukang gali bertugas untuk melakukan penggalian tanah sebelum dimulai proses pembangunan. Penggalian dilakukan agar pondasi bisa dibangun sebagai awal dari pembangunan sebuah rumah.

3. Tukang Batu
Jika penggalian sudah selesai maka tukang batu bisa segera membangun pondasi rumah yang kuat. Tukang batu bertugas menyusun batu-bata, melakukan pengecoran, dan hal-hal lainnya sampai pondasi berdiri kokoh.

4. Tukang Besi
Tukang besi memiliki tugas dalam membuat konstruksi sebuah rumah sebelum dilakukan pembangunan. Tukang besi juga bertugas membuat dak, kolom, dan lain sebagainya yang berhubungan dengan material besi.

5. Tukang Kayu
Tukang kayu memiliki tugas yang berhubungan dengan material kayu. Tukang kayu bertugas untuk membuat kerangka seperti kerangka atap, jendela, pintu, dan lain sebagainya. Kekuatan rumah Anda akan sangat dipengaruhi oleh kinerja dari tukang kayu ini. 

6. Tukang Cat
Jika rumah Anda sudah berdiri sempurna maka waktunya memberi warna pada dinding rumah. Inilah tugas tukang cat, yaitu mengecat semua dinding rumah sesuai dengan konsep rumah yang sudah ditetapkan oleh si pemilik.

7. Asisten Tukang
Asisten tukang bertugas membantu pekerjaan tukang-tukang lainnya. Asisten tukang biasanya akan melakukan pekerjaan-pekerjaan yang mendukung pekerjaan tukang lain. Peran asisten tukang sangatlah penting dalam sebuah proses pembangunan. Dengan adanya asisten tukang, para tukang bisa bekerja dengan lebih cepat dan efektif.

Itulah tadi 7 jenis tukang bangunan dan tugasnya masing-masing. Setiap tukang akan bekerja secara optimal sesuai dengan tugas mereka. Kerjasama dari semua tukang akan menghasilkan sebuah bangunan yang berkualitas. Pastikan Anda memilih jasa tukang yang memang profesional, bisa dipercaya, dan sudah terbukti kualitas hasil pekerjaannya.

0 comments:

Post a Comment